Perawatan Rutin Untuk Ayam Jago Aduan Lancuran

Perawatan Ayam LancuranPerawatan Rutin Untuk Ayam Jago Aduan Lancuran, Untuk mendapatkan ayam yang bagus tentunya anda harus melakukan perawatan yang ekstra sejak ayam lancur. Dalam merawat ayam aduan muda akan ada saja rintangan yang datang dari dalam maupun dari luar.

Ayam lancur atau lincir adalah ayam yang memiliki umur diantara 3-4 bulan. Pada masa ini ayam akan sangat sensitif dan akan sangat sulit untuk dirawat. Ayam pada masa lancur cukup membingungkan karena antara masih ingin bermain atau juga pelatihan untuk jadi jago juara.

Memang pada perawatan ayam lancuran akan sangat menentukan kebolehan ayam anda di gelanggang nantinya. Tidak sembarang botoh bisa mencetak ayam aduan dari lancuran sampai jadi juara. Tapi cukup banyak sekali cara dan sistem perawatan yang ringan dan bagus untuk ayam aduan muda.

Menurut para botoh, perawatan ayam muda harus terjaga dan rutin. Selama melakukan perawatan jangan pernah tanggung-tanggung karena nanti ayam anda juga jadi jago tanggung. Namun pastikan anda tidak sembarang memilih ayam yang akan anda rawat agar nantinya tidak sia-sia.

Pada kesempatan kali ini saya akan memberikan anda sedikit pengalaman perawatan yang bagus untuk ayam muda. Ini juga sebagian ilmu ayam yang pernah admin pelajari dari botoh-botoh tua. Perawatan ayam muda harus rutin agar hasilnya memuaskan.

Perawatan Ayam Aduan Muda

  • Pakan Pokok Ayam Lancuran

Untuk makanan ayam lancuran lebih baik jenis makanan yang memfokuskan ke tulang dan berat badan. Anda bisa memberikan jagung giling untuk ayam lancuran anda. Lalu setiap hari minggu anda bisa berikan nasi yang sudah dicampur dengan pur 512. Dengan begini ayam anda akan memiliki postur badan yang mapan untuk dibawa ke gelanggang.

  • Menjemur Ayam Secara Rutin

Anda juga bisa jemur ayam lincir anda selama 5-10 menit dan pastikan anda suguhkan air minum dikandang jemur. Waktu atau jam yang tepat untuk menejmur ayam muda adalah dari jam 9-10 WIB saja. Menjemur ayam sangat bagus untuk tulang, kulit dan juga bulu ayam. Dengan menjemur ayam secara rutin, mental ayam juga akan semakin cepat matang.

  • Jajal Ayam Secara Rutin

Untuk mendapatkan jagoan tentunya anda harus melatih ayam anda secara rutin. Jajal ayam anda dengan ayam seumuran dalam jangka waktu seminggu sekali. Jajal atau abar ayam lancur sangat bagus untuk membentuk otot, mengeraskan tulang, membiasakan ayam terima pukul dan juga bagus untuk melatih bakat ayam. Tapi jangan jajal ayam secara berlebihan karena resikonya cukup besar.

  • Pemberian Vitamin Hewani

Alaminya, ayam adalah hewan pemakan segala maka dari itu anda harus menjaga vitamin dan protein ayam. Anda bisa berikan ayam anda beberapa jenis hewan yang ringan untuk dimakan seperti jangkrik atau ikan-ikan kecil. Dengan memberikan hewan tersebut ayam anda akan memiliki sisi alami sebagai jagoan. Kalau bisa anda berikan jangkrik atau ikan hidup-hidup agar ayam memiliki usaha.

  • Jauhkan Dari Ayam Jago Tua

Demi menjaga mental ayam aduan muda, anda harus menjauhkan ayam tua dari ayam yang sedang anda rawat. Karena ayam jago tua biasanya suka mengganggu ayam yang lebih muda sampai ayam muda tersebut menjadi lemah mental. Untuk itu jagalah jarak antara ayam lancuran terawat dengan ayam yang mungkin sudah pernah jadi juara.

Lainnya : Cara Pilih Ayam Aduan Terbaik

Mungkin itulah hal yang bisa saya sampaikan tentang perawatan ayam muda atau lancur. Jika anda memiliki sistem perawatan yang mungkin berbeda maka anda bisa berbagi melalui kolom komentar. Terima kasih sudah mampir di blog sederhana mimin :D.  Salam kokok jago

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *