Jenis Warna Bulu Ayam Bangkok Yang Bagus Untuk Dipelihara

Warna Bulu Ayam Aduan Yang BagusJenis warna bulu ayam bangkok yang bagus untuk dipelihara, Ayam jago bangkok sekarang semakin ramai peminatnya karena anda bisa menemukan ayam bangkok di setiap tempat. Popularitas ayam bangkok yang tinggi membuat beberapa pemelihara ayam bangkok bisa mendapatkan untung karena harganya yang tinggi. Ada yang memelihara untuk sekedar mengisi kandang dan ada juga yang memang mencari ayam bangkok yang bagus untuk dilaga. Dalam memilih ayam bangkok juga setiap orang pasti memiliki kriteria dan cara masing-masing.

Kalau anda ingin memlihara ayam bangkok untuk menjadikannya hobi saja maka anda bisa memilih ayam berdasarkan ciri penampilannya yang menarik seperti bulu, kaki, jengger dan rawis ayam anda. Tapi hal yang paling mencolok dari adalah bulu, maka dari itu admin akan menuliskan beberapa jenis bulu ayam bangkok yang bisa menjadi koleksi anda.

Warna Bulu Ayam Aduan Yang Bagus

  1. Warna bulu ayam bangkok kelabu
    Ayam bangkok aduan berwarna kelabu pastinya sudah sangat dikenal di mata para pemain ayam aduan. Ayam bangkok kelabu adalah salah satu warna favorit dan juga banyak dipelihara, walaupun tidak sepopuler ayam lainnya namun kekuatan ayam aduan berwarna kelabu cukup ditakutkan. Pada dasarnya ayam bangkok kelabu memiliki ciri khas bulu dengan warna dasar kelabu atau dengan bahasa jawa dikenal dengan kelawu, kemudian diimbangi dengan kombinasi warna lain pada bagian ules dan rawis seperti warna merah, kuning, juga tidak jarang warna kelabu yang dihiasi dengan warna belorok atau jali.
  2. Warna bulu ayam bangkok berumbun
    Jika menyebut ayam bangkok aduan dengan warna brumbun pasti semua penhobi ayam aduan sudah pernah melihatnya, bisa dibilang ayam aduan brumbun yang saat ini sangat populer adalah warna brumbun madu dan sangat langka dan paling dicari. Ciri khas yang paling terlihat dari ayam bangkok brumbun yaitu pada warna bulunya yang memiliki bentuk totol di seluruh tubuh dan memiliki banyak gabungan warna yang melengkapi warna bulu dasar ayam. Jika warna brumbun pada ayam bangkok nyambung akan membuat ayam terlihat lebih gagah dan berwibawa, selain itu ayam aduan brumbun dipercaya memiliki sisi mistis yang kuat. Misalnya saja ayam bangkok brumbun madu diyakini bisa membawa keberuntungan bagi pemiliknya.
  3. Warna bulu ayam bangkok jali
    Ayam bangkok aduan dengan warna jali adalah ayam yang bisa dibilang cukup langka dan jarang dijumpai, entah memang karena warna jali yang langka atau karena peminatnya kurang. Ayam aduan jali memiliki warna bintik-bintik dan sekilas terlihat gabungan bintik yang tersusun rapi, sebenarnya jika dilihat sekilas ayam jali hampir mirip dengan ayam berwarna belorok, akan tetapi susunan warna bulu ayam jali lebih tersusun rapi dan terkesan indah.
  4. Warna bulu ayam bangkok hitam
    Ayam bangkok berwarna hitam jergem yaitu dicirikan dengan keseluruhan bulu berwarna hitam. Ayam hitam jergem akan sangat dicari jika kominasi warna bulu, paruh dan kaki memiliki warna yang sama dan konon ayam ini juga memiliki banyak sekali keistimewaan dan memiliki daya mistis yang kuat. Selain itu ayam bangkok aduan dengan warna hitam memiliki wibawa yang kuat saat di arena tarung dan tidak jarang juga ayam ini menjadi juara.
  5. Warna bulu ayam bangkok wangkas
    Ayam bangkok aduan dengan warna wangkas tebilang menjadi ayam yang paling populer dan bagus. Kebanyakan para penghobi ayam di indonesia mengenal dua jenis warna ayam wangkas, yaitu wangkas geni dan wangkas emas. Wangkas geni memiliki warna bulu rawis merah seperti api dan pada keseluruhan warna bulu yaitu berupa gabungan antara warna merah dan hitam, sedangkan ayam wangkas emas memiliki warna bulu rawis keemasan dan kombinasi keseluruhan warna yaitu berwarna keemasan. Ayam wangkas memiliki banyak sekali nama atau julukan yang berbeda-beda di setiap daerah seperti dikenal dengan warna belurang. Ayam bangkok wangkas dipercaya memiliki banyak keistimewaan seperti teknik bertarung, stamina dan memiliki akurasi pukulan yang bagus.
  6. Warna bulu ayam bangkok wiring atau biring
    Ayam bangkok aduan dengan warna bulu wiring (biring) adalah salah satu yang paling populer dan sangat dicari oleh para penghobi ayam bangkok. Ayam bangkok wiring yang paling terkenal di Indonesia adalah wiring kuning dan wiring galih. Wiring kuning memiliki ciri khas dengan warna dasar bulu berwarna hitam dengan bulu rawis leher dan ekor berwarna kuning ke emasan, sedangkan ciri khas wiring galih yaitu berwarna dasar hitam dengan bulu rawis leher dan ekor berwarna merah. Ayam aduan bangkok wiring yang tembus dipercaya memiliki sisi magis yang kuat dan sangat istimewa, baik itu wiring kuning ataupun wiring galih jika memiliki warna yang termbus akan membuat ayam tersebut menjadi incaran dan sangat dicari.
  7. Warna bulu ayam bangkok putih
    Ayam bangkok putih (kinantan) memiliki ciri warna bulu, paruh dan kaki berwarna putih atau kebanyakan orang menyebutnya putih tembus. Ayam dengan warna putih kinantan sangatlah langka dan sedikit orang yang memilikinya, kalaupun ada pasti kombinasi warna bulu, kaki dan paruh tidaklah sama. Banyak mitos menyebutkan hanya orang-orang yang beruntunglah yang bisa memelihara ayam kinantan dan juga dipercaya bisa memawa keberuntungan bagi pemiliknya. Mengenai kelebihannya di arena berdasarkan pengamatan penulis tidak bisa memberikan penjelasan dikarenakan memang ayam putih kinantan sangat jarang dilagakan.

Jenis ayam diatas bisa saja anda jadikan ayam laga, tapi pasti sangat disayangkan kalau anda melaganya karena bisa bulunya bisa rusak saat dilaga. Untuk merawat bulu ayam anda bisa memandikan ayam anda 2 kali dalam seminggu dan menjemurnya 15-30 menit di matahari pagi. Jika ayam anda jago dalam bertarung dan memiliki bulu yang bagus maka ayam tersebut akan memiliki banyak peminatnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *