Cara Pengobatan Dan Perawatan Sakit Bubul Ayam Kesayangan

Cara pengobatan dan perawatan sakit bubul ayam kesayangan, Dalam memelihara ayam jago terutama ayan aduan pastinya tidak selalu berjalan mulus karena akan ada beberapa jenis kendala yang akan menganggu masa perawatan ayam anda. Kendala dalam memelihara ayam yang sangat membuat kesal adalah penyakit bubul yang biasanya terjadi karena ayam sering lompat dari tempat tinggi. Ayam yang sering mendarat tidak sempurna saat lompat maka besar kemungkinan terkena penyakit bubul yang memang sulit disembuhkan.

Anda mungkin bisa mencegah penyakit bubul dengan memasang plester di tapak kaki ayam anda dan dibawah kandang ayam diberikan pasir agar ayam anda lompat tidak terlalu sakit saat mendarat. Kandang yang terlalu besar ternyata menjadi kendala juga untuk bubul kaki ayam anda. Alasannya sangat sederhana, pada saat kandang jemur terlalu luas maka ayam anda akan lompat kesana kemari didalam kandang hingga kakinya menabrak kandang yang cukup keras sehingga sedikit saja tapak kaki ayam luka maka lukanya akan semakin besar.

Bubul adalah penyakit yang akan mengganjal telapak kaki ayam anda sehingga ayam akan terlihat aneh dan sulit abar. Lalu bagaimana cara mengobati kaki ayam yang terlanjur terkena penyakit bubul? Apakah biayanya mahal? Anda yang ingin mengobati sakit bubul ayam maka sangat mudah dan pastinya tidak mahal. Pada artikel kali ini mimin akan menuliskan tentang obat dan cara pengobatan sakit bubul ayam.

Obat Sakit Bubul Ayam

  1. Bawang Merah
    Pertama anda bisa menggunakan cara tradisional yaitu dengan menggunakan bawang merah. Cara menggunakannya adalah, anda kompres dan bersihkan kaki ayam anda dengan air panas lalu usap dengan kain bersih sampai luka pada bubul ayam terlihat. Lalu parut bawang merah dan bungkuskan bagian bubul dengan parutan bawang merah agar semua kuman keluar. Jika terlihat bungkusan sudah kering maka anda bisa membukanya dan meutup bekas bubul dengan plester sampai ayam anda bisa jalan dengan baik.
  2. Obat Kutil
    Jika bawang merah sudah tidak ampuh karena bubul ayam anda sudah keras maka anda bisa memberikan obat kutil pada korep bubul ayam anda. Obat kutil yang mungkin cukup bagus adalah calusol atau jenis obat lainnya. Cara ini cukup mudah karena anda bisa berikan pada kerak bubul anda lalu bungkus dengan plester lagi dan biarkan selama 3 hari tapi pastikan tidak ada pasir atau kotoran masuk. Nantinya anda bisa langsung cabut bubulan pada kaki ayam anda.
  3. Garam + Deterjen
    Banyak juga botoh ayam yang menggunakan garam dan deterjen untuk menyembuhkan sakit bubul pada ayam. Caranya siapkan lumpur kemudian isi menggunakan air garam atau air deterjen bekas cucian. Setelah ayam dimandikan pada pagi hari, jemur ia di atas kubangan lumpur tersebut. Lalu tidak lama bubul yang mengeras akan rontok dengan sendirinya atau anda bisa tarik sendiri.
  4. Operasi Bedah Bubul
    Jika bubul sudah terlalu parah maka anda bisa melakukan bedah sendiri. Anda bisa dedel bubul dengan beberapa alat sedehana seperti pisau, gunting, kapas, kain kasa dan juga tang jepit. Tapi janganlupa sediakan alkohol dan juga betadine agar mencegah infeksi. Cara operasinya adalah dengan memotong pinggiran mata bubul dengan pisau yang sudah dicuci dengan alkohol. Setelah itu anda bisa congkel mata secara perlahan dan sampai pada akhirnya anda bisa tarik mata yang kras menghitam tersebut menggunakan tang.Setelah selesai maka anda bisa bersihkan dengan alkohon sampai tidak ada darah yang tersisa. Keringkan dengan kapas secara perlahan lalu teteskan betadine pada luka ayam dan tutup luka dengan kain kasa secara rapi agar tidak masuk kotoran ke kaki ayam.

Begitulah cara sederhana mengobati sakit bubul ayam anda. Tapi lebih baiknya lagi anda mencegah sakit bubul ayam anda, bila perlu tempatkan ayam anda di tempat yang cukup empuk seperti sekam atau jerami. Selamat mencoba sobat jago semoga hasilnya positif ya ☺.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

sixteen − 8 =