4 Manfaat Buah Pinang Untuk Ayam Bangkok Aduan, Baca Disini

Pinang Sirih (Areca catechu Linn) merupakan jenis tanaman dengan nilai ekonomis tinggi dibandingkan jenis lainnya.  penyebaran jenis pinang ini banyak terdapat

Pinang Sirih (Areca catechu Linn) merupakan jenis tanaman dengan nilai ekonomis tinggi dibandingkan jenis lainnya. penyebaran jenis pinang ini banyak terdapat di Pulau Sumatera, Kalimantan, Sulawesi, Maluku dan Papua. buah pinang ini juga dipercaya memiliki banyak manfaat untuk kesehatan manusia.

Namun selain memiliki banyak manfaat untuk manusia, ternyata buah pinang ini juga memiliki banyak manfaat untuk hewan peliharaan kita seperti Ayam Bangkok Aduan. sebagai botoh ayam aduan pastinya kamu sangat ingin tahu apa saja manfaat buah pinang ini untuk ayam aduan, benar sekali bukan? jika memang benar, maka silahkan kamu simak ulasan yang kami berikan kali ini.

Manfaat Buah Pinang Untuk Ayam Bangkok :

  • Sebagai Obat Cacingan :

Penyakit cacingan pada ayam tidak boleh dibiarkan dan dianggap remeh. sebagai seorang peternak kita harus cepat mengambil tindakan pada saat ayam cacingan. ayam aduan yang terkena penyakit cacingan akan menunjukan beberapa gejala dianataranya adalah sebagai berikut :

  1. Ayam menjadi lesu dan tidak bergairah,
  2. Warna kulit ayam terlihat pucat,
  3. Bulu menjadi kusam,
  4. Pertumbuhan ayam akan mengalami gangguan,
  5. Kemudian nafsu makan ayam menjadi menurun,
  6. Bagi ayam dewasa akan mengalami penurunan produktifitas.

Buah pinang ini adalah salah satu untuk obat alami untuk mengobati penyakit ayam aduan yang terkena penyakit cacingan. hal ini pun sudah banyak dibuktikan oleh seluruh senior master botoh ayam aduan di indonesia. berikut adalah langkah-langkah yang harus dilakukan:

  1. Gunakan buah pinang yang sudah tua dan tentunya sudah di jemur kering,
  2. Kupas dan ambil bagian biji buah pngang,
  3. Haluskan dengan cara ditumbuk atau diparut,
  4. Campurkan sedikit air lalu berikan kepada ayam dengan cara diminumkan,
  5. Dosis untuk ayam dewasa: setengah biji dari buah pinang, untuk ayam muda sebaiknya seper empat saja.
  • Menyembuhkan Luar Luar :

Selain berguna sebagai obat cacing, ternyata buah pinang bisa dijadikan sebagai antibiotik ayam bangkok aduan. buah pinang dapat mempercepat penyembuhan luka adalah metode paling baik yang perlu dilakukan setelah ayam diabar ataupun diadu. berikut adalah langkah langkah menyembuhkan luka luar ayam dengan buah pinang :

  1. Tumbuk atau parut beberapa buah pinang yang masih muda,
  2. Kemudian balutkan di bagian luka ayam,
  3. Dengan cara ini pendaharahan luka akan cepat kering dan luka akan cepat sembuh.
  • Mengobati Penyakit Kurap :

Kurap adalah salah satu penyakit yang disebabkan oleh bakteri dan kuman. penyait yang satu ini adalah jenis penyakit yang menular, jadi dengan demikian harus segera ditangani. berikut ini adalah cara mengobati kurap dengan buah pinang atau jambe:

  1. Ambilah beberapa buah pinang muda,
  2. Kemudian parut dan tambahkan beberapa sendok air,
  3. Lalu oleskan pada bagian kurap ayam seperti mengoleskan salep,
  4. Kandungan yang terdapat pada buah pinang dapat membunuh pertumbuhan jamur dan kuman pada kulit ayam.
  • Meningkatkan Produktivitas :

Ayam yang tidak mau kawin adalah masalah serius yang perlu ditangani oleh para peternak ayam aduan. ayam yang tidak produktif adalah kerugian yang sangat nyata. berikut ini adalah cara meningkatkan produktifitas ayam dengan memberikan buah pinang:

  1. Ambil buah pinang yang masih muda dan belum keras,
  2. Potong kecil-kecil dan kemudian lolohkan pada ayam betina dan ayam jantan.

Munking cukup sampai disini dulu penjelasan yang dapat kami sampaikan kepada kamu semua tentang manfaat buah pinang untuk ayam aduan. semoga dengan adanya artikel yang kami berikan ini dapat untuk membantu dan menambah wawasan kamu semua seluruh pecinta ayam aduan di indonesia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

15 + seven =